Cara Membuat Power Bank Sendiri

Harga power bank terlalu mahal? Sementara punya hasrat tinggi buat punya charger portable untuk mempermudah kegiatan kita diluar rumah, khususnya dalam hal mempertahankan daya HP atau gadget elektronik kita yang kadang sering tiba-tiba lowbat dan minta di charge. Nah, gimana kalau kita membuat power bank sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan yang bisa kita peroleh dengan harga murah dan terjangkau? Emang bisa? Bisa loh :)
Seperti yang kita tahu, tidak semua orang bisa punya power bank karena kendala harga yang pada umumnya tergolong mahal untuk satu set perangkat charger portable. Dan kali ini, admin akan mengulas bagaimana cara membuat power bank sendiri dengan biaya yang murah meriah, dan cara ini adalah hasil karya dan penemuan seorang kreatif asal bandung (Admin ga tau namanya soalnya do'i make nama samaran). Ok, lalu apa saja yang dibutuhkan untuk membuat charger portable atau power bank? Berikut ini alat dan bahan yang harus di sediakan beserta keterangan harga beli komponen-komponen tersebut :
1. Type A Female USB port (colokan USB yang cewek)
2. Lembaran papan PCB secukupnya (kalau beli di toko elektronik beli saja yang PCB Matrix ) (harga Rp3000-Rp5000 perlembar ukuran 20cmx10cm, nanti tinggal masukin saja komponennya)
3. IC LM7805 (harga sekitar Rp2500)
4. Resistor 160 ohm (optional) (Rp 500)
5. C1 100uF/ 50v (Rp 1000)
6. C2 0.1 (Rp 500)
7. LED 2,2v 240mA Hijau (optional) (Rp 250)
8. 9v battery clip (Rp 5000-Rp10.000)
9. Switch ON/OFF (Rp 1000)
Gimana cara bikinnya? Silahkan komponen-komponen diatas dipasang sesuai dengan gambar rangkaian berikut ini : 
Atau bisa juga memasang komponen tersebut sesuai dengan gambar rangkain berikut :
Pasang semua komponen seperti pada rangkaian di atas. Tapi ingat, gambar rangkaian di atas adalah tampak bawah, jadi kita pasang semua komponen dari sisi sebaliknya.  Berikut ini petunjuk pemasangannya beserta keterangan tiap-tiap bagian :
klik untuk memperbesar gambar

 Nah, setelah komponen-komponennya sudah berhasil terpasang semua, maka nanti hasilnya akan seperti ini :
Nantinya akan kita dapatkan hasil rangkaian komponen berbentuk kecil dan mudah dibawa-bawa. Untuk baterai, kita bisa pakai baterai apa saja. Tapi akan lebih bagus lagi kalau baterai yang kita gunakan adalah baterai yang ber Amphere besar seperti baterai Ultrafire 3,7 V 4000mAh yang biasanya dipake pada senter police. Kita bisa memakai 2 baterai sekaligus dengan cara digandeng secara seri.

sumber : 1



Ditulis Oleh : Kampung_KB_Bojongsari All About Tips n Trik Android, Windows, Linux

Christian angkouw Sobat sedang membaca artikel tentang Cara Membuat Power Bank Sendiri . by Tusan Sulaeman, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: 2san Blog ::

16 komentar:

Wah boleh dicoba nih gannn,, tks info'e

monggo gan, kalo ada yang salah/kurang kasitau ane aja.

to: Qimonk Fellix
tnks udah berkunjung masbro,, semoga makin mantap lagi,, hehe

Gmn klu batrainya d gnti dgn batrai hp bekas?kira2 4 buah,,,msing2 batrai pnya voltase 3.8 v.kira2 bisa gak,,,trus bs bikin jebol hp gak?Matursuwun

@dimas = kalo 4 buah spertinya terllu beresiko juga gan buat hp kita, kalo hp android biasanya dia ngedetek kalo voltage dan ampere nya tdak sesuai dg yang dbutuhkan dia ada peringatan gan, tai kalo 2 bisa" saja gan,, banyak" experimen,, hehe

itu power bank bisa brapa kali pengisian

Maaf gan numpang Tanya,,ko Ana nyoba ,, pke batre lion ultrafire 4800mAh 3,7v. 2buah ko malah nge restart hpnya...

mohon maaf baru bales, karena jarang On,, hehe

@sahal : kalo powerbank biasanya tergantung dengan besarnya kapasitas baterai juga mas, kalo kita pakai 2 buah baterai ultrafire 4000 mah bisa sampe 2-3x pengisian, tapi kalo baterai biasa ato amphere nya dibawah itu mungkin 1-2x pengisian.

@dudi: hp tipe apa gan?

Pengen nyoba, tp di t4 ane g da yg jual komponen2 tsb :(

permisi...
gan kalau dari baterai raket nyamuk bisa gak?
tipe baterai raket nyamuk itu apa sih?
thanks

kalo raket nyamuk itu tipe baterai DC biasa gan sama sperti baterai hp, cuma kapasitasnya lebih besar antara 4-12 volt,, kal untuk kegunaanya belom pernh coba ane gan,,

Artikel ini cuma copy paste dari kaskus.

Ane mau tanya kalo ngcas powerbank nya gmana? Pk casan hp bsa Ga?

Mas klo saya sudah punya pcb bekas pb..klo bateraiya saya ganti batrai hp apa bisa mz

Random Ayat